5 Cara membersihkan karang gigi dengan garam

Cara membersihkan karang gigi dengan garam
Cara membersihkan karang gigi dengan garam

Cara membersihkan karang gigi dengan garam menjadi banyak pilihan orang karena dianggap sangat mudah dan simple. Orang yangmemiliki gigi yang berwarna kuning dan terdapat karang pada gigi tidak perlu khawatir. Anda bisa tampil percaya diri dengan menghancurkan karang gigi dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah. Anda bisa menggunakan jeruk nipis, garam dan baking soda untuk menghancurkan karang pada gigi. Karang pada gigi lama-lama bisa menghancurkan gigi sehat anda. Karang gigi merupakan bentuk endapan kalssifikasi yang terbentuk dan juga melapisi gusi atau gigi anda. Endapan yang membentuk karang gigi tersebut tercipta dari bakteri yang terdapat di dalam mulut tercamput dengan sisa makanan kemudian terbentuklah lapisan yang membentuk karang gigi. Karang gigi yang terlalu lama dibiarkan mengendap bisa membuat warna gigi anda berubah. Tak hanya itu, karang gigi juga memiliki kandungan bakteri yang bisa memproduksi asam yang menjadi penyebab gigi berlubang.

 

Jeruk nipis cara membersihkan karang gigi dengan garam

Jeruk nipis cara membersihkan karang gigi dengan garam merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menhancurkan karang pada gigi. Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis untuk menghancurkan karang pada gigi tersebut. Kulit jeruk nipis dipercaya memiliki kandungan asam yang bisa melawan bakteri penyebab karang pada gigi anda. Anda hanya perlu mengaplikasikan kulit jeruk nipis dengan campuran garam pada bagian gigi yang terdapat karang. Anda bisa sambil menggosok-gosokkannya setidaknya 5 menit. Lalu anda bisa langsung berkumur-kumur menggunakan air bersih. Selain itu, anda juga bisa menghaluskan kulit jeruk nipis kemudian mencampurkannya menggunakan pasta gigi. Kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada gigi yang terdapat karang. Kandungan vitamin c dan antibakteri yang ada pada kulit jeruk nipis dianggap bisa melewati lapisan karang gigi sehingga bisa membunuh bakteri yang terdapat dalam karang gigi tersebut. Lakukan langkah ini secara rutin setiap hari untuk bisa menghancurkan karang gigi yang membandel.

Cara membersihkan karang gigi di rumah

Cara membersihkan karang gigi di rumah yakni sebagai berikut:

  • Menghilangkan karang gigi menggunakan baking soda

Anda mungkin baru mengetahui bahwa baking soda bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karang yang membandel pada gigi anda. Baking soda ini bisa menghancurkan karang gigi bahkan yang sudah keras sekalipun. Anda hanya perlu menjadikan baking soda sebagai pasta gigi. Anda bisa juga mengombinasikannya dengan garam untuk kemudian diaplikasikan pada gigi yang terdapat karang.

  • Menghilangkan karang gigi menggunakan garam dapur

Siapa yang tidak tahu manfaat garam dapur untuk kesehatan gigi. Garam sudah sangat terkenal memiliki kandungan antibakteri yang bisa membantu mengatasi berbagai masalah gigi dan mulut. Anda hanya perlu mencampurkan sesendok garam dengan air yang masih hangat. Lalu aduk hingga tercampur menjadi rata. Anda bisa menggunakannya untuk berkumur-kumur dan menggosokkannya pada bagian gigi yang terdapat karang. Anda bisa berkumur-kumur setidaknya 2 menit selama tiga kali dalam satu hari. semakin anda rajin melakukan langkah ini maka karang pada gigi anda akan lebih cepat hancur.

Cara dokter membersihkan karang gigi

Cara membersihkan karang gigi dengan garam bisa anda lakukan di rumah, namun anda juga bisa memilih cara dokter membersihkan karang gigi sebagai berikut:

  • Scaling gigi

Tak hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, anda bisa memilih untuk menghancurkan karang gigi dengan cara scaling gigi di dokter atau ahli gigi. Pertama-tama anda akan dianastesi atau bius lokal. Hal tersebut dilakukan agar anda tidak merasakan nyeri saat tindakan scaling berlangsung. Kemudian ahli gigi dan dokter akan menggunakan sebuah alat yang bertujuan untuk mengikis karang gigi, alat ini menggunakan gelombang ultrasonik yang bergetar agar karang pada gigi rontok. Selanjutnya dokter atau ahli gigi akan menggunakan scaler atau alat kikis manual guna mengancurkan karang pada bagian gigi yang sulit dijangkau oleh alat pengikis yang menggunakan gelombang ultrasonik. Lalu ahli gigi atau dokter akan menyuruh anda untuk berkumur-kumur agar sisa karang gigi pada mulut anda hilang. Tahap terakhir, dokter atau ahli gigi akan menggunakan alat pemoles dengan karet yang lembut untuk membuat gigi semakin bersih.

  • Merontokkan karang gigi dan plak

Metode scaling gigi untuk menghancurkan plak dan juga karang yang menempel pada area gigi. Karang gigi ini memang sangat sulit dihancurkan apabila hanya menggunakan sikat gigi saja. Karang gigi yang tidak dibersihkan bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang dan bisa memicu sakit atau radang pada gusi anda. Karang pada gigi seseorang juga bisa membuatnya kurang percaya gigi karena karang dan plak dianggap mengganggu penampilan seseorang. Plak dan karang pada gigi seseorang muncul karena bakteri dari sisa makanan mengendap lama pada area mulut. Sisa makanan yang mengendap tersebut lama kelamaan akan merubah gigi hingga menjadi berwarna kuning. Lalu sisa makanan tersebut akan membuat timbulnya karang gigi yang bisa menyebabkan sakit gigi dan gigi berlubang. Scaling gigi yang dilakukan dokter atau ahli gigi ini merupakan salah satu tindakan non operasi yang bisa menghancurkan karang pada gigi anda.

Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda dan garam

Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda dan garam sangatlah mudah. Anda bisa mengombinasikannya dengan cuka untuk menghancurkan karang pada gigi. Kedua bahan ini dianggap sangat simple karena mudah ditemukan di rumah. Anda bisa langsung mengobinasikan cuka putih dengan satu gelas air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Kemudia anda bisa menggunakannya untuk berkumur-kumur secara rutin setidaknya satu kali dalam sehari. Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat hancurnya karang yang ada pada gusi dan gigi anda. Di dalam cuka putih tersebut terdapat kandungan yang memiliki sifat asetat sehingga dianggap akan sangat membantu untuk menhancurkan karang gigi, bahkan juga bisa membunuh bakteri sehingga bisa mencegah terjadinya infeksi pada mulut anda.

Biaya membersihkan karang gigi di ahli gigi

Biaya membersihkan karang gigi di ahli gigi atau scaling umumnya tidak terlalu mahal. Anda bisa melakukan scaling di puskesmas dengan harga yang ekonomis. Apabila anda melakukan scaling untuk menghancurkan karang gigi, biayanya sekitar lima puluh ribu rupiah sampai seratus lima puluh ribu rupiah. Akan tetapi jika anda melakukan scaling di rumah sakit swasta harganya tentu berbeda, berkisar dua ratus ribu hingga delapan ratus ribu rupiah per tindakan.

Cara membersihkan karang gigi dengan garam seperti pemaparan-pemaparan di atas diharapkan dapat membantu dalam mengatasi karang pada gigi anda. Anda bisa memanfaatkan baking soda dan garam untuk menghancurkan karang pada gigi yang telah membandel. Anda tidak perlu langsung pergi ke dokter gigi untuk menghancurkan karang pada gigi anda. Anda bisa mencobanya dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah tersebut. Namun, apabila anda merasa memerlukan bantuan dokter atau ahli gigi untuk menghancurkan karang pada gigi, anda bisa mengonsultasikannya dengan ahli gigi tersebut. Untuk mempercepat karang gigi untuk hancur anda sebaiknya menggunakan garam, baking soda dan jeruk nipis secara rutin setiap hari.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.