Ultimate magazine theme for WordPress.

9 Cara untuk membersihkan karang gigi

Cara untuk membersihkan karang gigi

0 16

Cara untuk membersihkan karang gigi dapat dilakukan di rumah. Karang gigi merupakan masalah dalam kesehatan gigi dan mulut yang tentunya tidak boleh anda sepelekan. Karang gigi yang didiamkan dalam jangka waktu yang lama bisa membuat gigi anda menjadi mudah rusak. Kesehatan mulut dan gigi menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan kesehatan sistem pencernaan. Kedua sistem tersebut harusnya dirawat dan dijaga karena setiap makanan yang diproses di mulut akan masuk ke dalam sistem pencernaan. Sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi bisa membuat gigi anda muncul plak dan karang gigi. Karang gigi tersebut berasal dari sisa kotoran makanan atau minuman yang menumpuk lalu berubah menjadi karang pada gigi. Bakteri sisa makanan yang menumpuk di gigi bisa berkembang dan memprosuduksi asam. Kadar asam tersebutlah yang menjadi penyebab rusaknya enamel pada lapisan gigi anda sehingga menyebabkan rusaknya gigi.

 

Cara membersihkan karang gigi dengan cepat

Cara untuk membersihkan karang gigi memiliki banyak cara. Cara membersihkan karang gigi dengan cepat sebagai berikut:

  • Rajin menggosok gigi

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah menggosok gigi secara rutin setiap hari terutama setelah mengonsumsi makanan. Dengan menggosok gigi bisa mencegah timbulnya karang gigi. Orang yang rajin menggosok gigi membuat gigi terbebas dari sisa makanan yang mengandung bakteri jahat. Anda bisa menggosok gigi setelah makan di pagi hari dan juga sesaat sebelum tidur malam. Anda bisa menggosok gigi setidaknya 3 menit. Pilihlah sikat gigi yang bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau.  Hal tersebut bertujuan agar sisa-sisa makanan tidak ada yang menempel di sela-sela gigi anda. Dengan demikian anda harus rajin menggosok gigi dan jangan mengonsumsi makanan setelah gosok gigi di malam hari. karena kuman dan bakteri bisa berkembang saat anda tidur.

  • Membersihkan gigi menggunakan benang

Bagi anda yang memiliki karang gigi bisa mencoba menggunakan teknik yang satu ini. Anda bisa memanfaatkan benang untuk membersihkan karang-karang yang ada pada gigi anda. Benang dianggap bisa membersihkan hingga bagian-bagian terkecil dari sela-sela gigi yang sulit untuk dijangkau. Dengan menggunakan benang ini bisa membuat gigi anda terhindar dari plak. Benang dianggap bisa menjangkau sela-sela terkecil dari gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Dengan demikian tidak akan ada lagi kotoran sisa makanan yang menempel pada bagian gigi anda. Anda bisa membersihkan karang gigi menggunakan benang sesaat setelah mengonsumsi makanan terutama setelah mengonsumsi daging.

  • Membersihkan karang gigi memakai baking soda

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menghancurkan karang gigi adalah menggunakan baking soda. Anda perlu tahu bahwa baking soda ini dianggap ampuh untuk mengatasi plak dan menghancurkan karang gigi. Anda hanya perlu mengaplikasikan baking soda sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi. Kandungan yang terdapat di dalam baking soda mampu menjaga dan merawat gigi serta mencegah gigi anda kehilangan kadar kalsium. Baking soda dinilai memiliki sifat antibakteri yang bisa mengatasi berbagai masalah dalam gigi anda.

  • Berkumur-kumur

Selanjutnya, anda bisa menggunakan langkah yang satu ini yakni berkumur-kumur. Anda bisa memilih obat kumur yang ampuh untuk mengatasi karang pada gigi anda. Obat kumur dianggap memiliki kandungan yang sangat amouh untuk membuat karang gigi menjadi rongok. Tak hanya itu, kandungan dalam obat kumur bisa membunuh bakteri yang ada dari sisa kotoran makanan yang biasa menempel pada bagian yang sulit dijangkau pada bagian gigi anda. Dengan menggunakan obat kumur bisa membuat napas anda menjadi lebih segar dan menghindarkan anda dari bau mulut yang tidak sedap. Namun anda sebaiknya menghindari obat kumur yang memiliki kandungan alkohol karena dianggap bisa merusak enamel pada gigi anda.

  • Jangan merokok

Anda perlu mengetahui bahwa kandungan di dakam rokok bisa menjadi penyebab munculnya karang pada gigi anda. Merokok juga bisa membuat napas anda memiliki bau yang kurang sedap dan bisa membuat gigi berubah menjadi kuning. Orang yang merokok biasanya juga rentan memiliki karang gigi yang memiliki warna kehitaman. Dengan demikian sebaiknya anda berhenti untuk merokok agar tidak memiliki karang gigi.

  • Mengonsumsi air putih

Anda yang ingin menghancurkan karang pada gigi sebaiknya mengonsumsi air putih sesuai dengan anjuran hariannya. Air putih bisa membantu memproduksi air liur yang memiliki fungsi untuk membuat lembab area mulut serta melarutkan sisa kotoran makanan yang telah menempel pada bagian gigi. Air putih memiliki kandungan enzim yang bisa mengatasi bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada area mulut dan gigi.

Keuntungan membersihkan karang gigi

Keuntungan membersihkan karang gigi yakni sebagai berikut:

  • Membersihkan lidah

Anda perlu mengetahui bahwa sebagian bakteri yang ada pada mulut seringkali bersarang pada permukaan lidah anda. Dengan demikian sangat diperlukan untuk membersihkan bagian lidah secara rutin. Air liur yang bercampur dengan bakteri bisa membuat munculnya plak. Plak tersebut tidak akan hilang hanya dengan membilasnya saja, meskipun menggunakan obat kumur. Langkah terbaik yang bisa anda lakukan untuk menghancurkan plak yang telah menempel pada bagian lidah yakni dengan menyikat bagian permukaan lidah anda. Anda hanya perlu menggosok-gosok lidah dan tarik dengan pelan-pelan ke arah depan dengan satu gerakan saja. Hindari menggosoknya secara bolak-balik. Anda bisa melakukan langkah ini hingga beberapa kali hingga bagian lidah anda nampak kesat dan juga bersih. Anda sebaiknya juga membersihkan bagian samping lidah anda, kemudian anda bisa berkumur-kumur menggunakan air yang bersih.

  • Gunakan sikat gigi yang tepat

Untuk mendapatkan keuntungan dari membersihkan gigi dengan tepat adalah anda juga harus memilih sikat gigi yang tepat pula. Sebaiknya anda memilih sikat gigi yang mempunyai bulu-bulu yang lembut dan juga halus. Hal tersebut bertujuan agar bisa menjangkau bagian gigi yang sulit untuk dijangkau. Sebaiknya pilih juga sikat gigi yang memiliki bagian kepala yang sesuai dengan lebar area mulut anda. Perhatikan juga bagian gagang dari sikat gigi, pilihlah gagang yang nyaman untuk anda genggam sehingga tidak mengganggu anda dalam menyikat gigi. Hal tersebut juga bisa membantu anda untuk memperoleh teknik yang tepat untuk membersihkan kotoran pada gigi. Pilihlah pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Kandungan tersebut ampuh untuk menghancurkan plak yang menjadi penyebab karang pada gigi.

Cara untuk membersihkan karang gigi seperti pemaparan di atas sebaiknya anda pahami dengan sungguh-sungguh. Anda tidak perlu langsung mengunjungi ahli gigi atau dokter gigi untuk menghilangkan karang pada gigi anda. Beberapa kondisi memungkinkan untuk menghancurkan karang gigi hanya dengan bahan-bahan yang ada di rumah anda. Namun, dalam mengikuti langkah-langkahnya anda harus cermat dan rutin. Sebab, tanpa dilakukan secara rutin, karang pada gigi anda tidak akan mudah hancur. Terlebih karang yang telah menetap cukup lama. Karang pada gigi tidak bisa dihancurkan hanya dengan menggunakan sikat gigi atau saat anda menggosok gigi. Namun, apabila karang pada gigi anda memang membandel dan sulit dihancurkan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter atau ahli gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan optimal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.