16 Gejala Contoh gigi berlubang

Contoh gigi berlubang
Contoh gigi berlubang

Contoh gigi berlubang umumnya diawali dengan terbentuknya plak di area mulut. Plak tersebut muncul karena sisa makanan yang memiliki kandungan gula contohnya seperti susu, buah, sereal, roti, permen dan minuman bersoda yang membuat bakteri muncul dan menjadikan mulut anda menjadi asam. Asam dan juga bakteri yang terdapat pada mulut anda akan membuat plak terbentuk dan menempel pada area gigi anda. Asam tersebutlah yang membuat plak tersebut mengikis enamel gigi anda. Sehingga terjadilah lubang pada gigi anda. Anda bisa memakai pasta gigi yang memiliki kandungan floride yang bisa menjaga kesehatan area gigi dan mulut. Selain itu, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang asam atau manis. Jaga agar mulut tidak kering. Selain itu, rajin-rajinlah menggosok gigi agar tidak ada bakteri yang berkembang di area mulut.

 

Ciri gigi berlubang

Contoh gigi berlubang salah satunya adalah munculnya radang pada area gusi. Ciri gigi berlubang yakni sebagai berikut:

  • Sering merasa sakit pada gigi

Nyeri yang sering anda rasakan pada area gigi biasanya bisa menjadi sebuah tanda bahwa gigi anda berlubang. Apalagi jika gigi anda yang rusak tersebut terkena suatu benda. Anda bisa merasa nyeri yang lama dan terasa tajam, bahkan juga bisa merasakan rasa nyeri yang berdenyut-denyut dan terkesan tumpul.

  • Merasa sakit untuk mengunyah

Saat anda sering merasa nyeri untuk mengunyah makanan, itu bisa menjadi pertanda jika gigi anda telah berlubang. Sakit gigi yang tajam biasanya timbul karena saraf pada gigi anda terkena infeksi dan menuju proses membusuk. Anda bisa memegang gigi yang nyeri untuk mengetahui tingkatan rasa nyeri pada gigi untuk mempertimbangkan apakah perlu ke dokter gigi atau belum.

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit yakni sebagai berikut:

  • Filling

Untuk mengatasi masalah gigi berlubang anda bisa menambalnya atau dikenal dengan filling. Filling pada gigi merupakan sebuah tindakan yang dilakukan untuk menyembuhkan gigi yang telah berlubang. Dokter gigi pertama-tama membersihkan area gigi anda yang telah rusak menggunakan bor yang khusus untuk menambal gigi. Lalu dokter gigi akan menambal gigi anda yang bolong menggunakan bahan seperti komposit, emas, perak atau porselen.

  • Cahaya neon

Ada sebuah tindakan baru yang sedang dikembangkan untuk mengobati gigi yang bolong. Salah satunya metode eksperimental memakai cahaya neon. Metode ini bisa menemukan adanya pertumbuhan rongga gigi yang dinilai lebih akurat jika dibandingkan menggunakan sinar X. Metode ini dinilai lebih bisa mendeteksi proses pembusukan pada gigi lebih awal sehingga bisa ditangani lebih awal.

Gigi bolong sakit

Gigi bolong sakit dan Contoh gigi berlubang dapat anda simak pada penjelasan di bawah ini:

  • Gigi berubah warna

Ciri gigi yang berlubang selanjutnya yakni terdapat lubang. Ada pula dalam beberapa kondisi seperti adanya bintik atau juga noda pada permukaan gigi yang sudah terkena infeksi. Noda yang ada di gigi anda pasti awalnya adanya bintik putih. Lalu saat kerusakan pada gigi anda semakin parah noda tersebut berubah lebih gelap dari sebelumnya. Noda tersebut berasal dari gigi berlubang. Noda pada gigi menjadi peringatan adanya kerusakan di gigi anda. Jika noda itu terasa tidak keras dan juga cukup lengket apabila dipegang bisa jadi itu adalah gigi yang telah berlubang. Beberapa kondisi gigi yang berlubang bisa menjadikan gigi anda berubah warna menjadi lebih gelap sehingga sangat rentan untuk patah.

  • Lebih sensitif pada makanan

Gejala gigi yang berlubang selanjutnya adalah saat anda merasa sangat sensitif atau ngilu saat mengonsumsi makanan atau minuman. Hal tersebut bisa menjadi peringatan bahwa gigi anda rusak. Hal tersebut ada kemiripan dengan rasa nyeri jika mengonsumsi makanan khususnya makanan yang manis, selain itu juga ada rasa sensitif terhadap suhu. Hal tersebutlah yang menjadi awal kerusakan pada gigi.

Cara menghilangkan gigi berlubang

Cara menghilangkan gigi berlubang bisa anda atasi di dokter gigi. Simak berbagai ciri gigi berlubang:

  • Memiliki bau yang tidak sedap pada mulut

Salah satu indikasi anda menderita gigi yang berlubang adalah saat bau mulut anda terasa kurang sedap. Selain itu, lubang yang kecil dan tida terlihat bisa memudahkan terjadinya infeksi pada gigi anda. Terlebih jika ada sisa kotoran makanan yang menumpuk yang bisa mengundang bakteri. Makanan manis bisa mempercepat proses pembusukan pada gigi yang berlubang. Kuman dan bakteri yang ada pada mulut bisa merubah makanan manis menjadi lebih asam. Dengan begitu kotoran tersebut akan bercampur dengan air liur yang akhirnya menjadi plak yang menempel pada area gigi anda. Asam tersebut dalam jangka waktu ke depan akan membuat enamel gigi menjadi rusak dan mudah berlubang. Jika anda memiliki bau mulut yang tidak sedap sebaiknya segera periksakan ke dokter sebab bisa saja menjadi sebuah peringatan bagi anda. Sebab bakteri tersebut bisa memunculkan radang pada gusi.

  • Gigi lebih sensitif

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa salah satu hal yang bisa menjadi tanda gigi berlubang adalah saat anda merasa gigi anda menjadi lebih sensitif. Hal tersebut terutama saat anda mengonsumsi makanan yang dingin atau panas. Anda akan merasa nyeri saat mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut. Di dalam gigi terdapat saraf-saraf yang bisa memberikan suplai darah agar bisa membuat gigi bekerja sesuai tugasnya. Saat gigi berlubang maka saraf tersebut akan terkena sehingga mempengaruhi sensitivitas gigi anda.

Akibat gigi berlubang tidak dicabut

Akibat gigi berlubang tidak dicabut yakni sebagai berikut:

  • Gusi berdarah

Saat anda sedang menyikat gigi lalu gusi anda berdarah, hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa ada iritasi pada gusi yang berasal dari saraf yang telah rusak. Pendarahan yang terjadi secara berulang-ulang dapat menjadi peringatan bahwa terdapat masalah pada gusi atau gigi anda. Jika gigi anda berlubang di bagian garis gusi maka makanan dapat menyangkut dan terjebak di area tersebut. Hal itulah yang menjadi penyebab masalah di gusi anda. Jika lubang tersebut semakin besar, maka darah yang keluar bisa juga dari gigi anda.

  • Gusi bengkak

Gusi yang bengkak bisa menjadi sebuah peringatan bahwa ada gigi yang berlubang. Meski jika gusi yang bengkak tersebut tidak menyebabkan rasa nyeri. Jika lubang pada gigi anda makin dalam bisa menjadikan syaraf anda sakit bahkan mati. Hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi di syaraf dan membuat gusi bengkak. Jika terdapat gusi yang bengkak anda bisa mencoba memeriksakannya pada dokter gigi agar dapat mencegah kerusakan yang makin parah. Lalu untuk mencegah hal tersebut terjadi anda harus rajin menggosok gigi untuk mencegah kuman dan bakteri tumbuh di dalam area mulut anda.

Contoh gigi berlubang telah banyak dijelaskan oleh pemaparan-pemaparan di atas. Anda bisa mengatasi masalah gigi yang berlubang agar tidak menjadi lebih parah. Selain itu, sebenarnya masalah gigi berlubang bisa dicegah. Anda bisa menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat untuk mencegah gigi menjadi berlubang. Gigi yang berlubang berawal dari tumpukan sisi kotoran makanan yang tidak bisa dihilangkan oleh sikat gigi. Terkadang ada banyak bagian dalam mulut yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan berkumur-kumur dan juga rajin menggunakan benang untuk membersihkan sisa makanan pada gigi. Rutin-rutinlah membersihkan gigi agar terhindar dari masalah gigi yang berlubang.

 

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.