Ultimate magazine theme for WordPress.

5 Penyebab sakit gusi bengkak dan bernanah

Penyebab sakit gusi bengkak

0 21

Penyebab sakit gusi bengkak menjadi hal yang sebaiknya anda ketahui. Kesehatan gigi dan mulut sering menjadi permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak orang. Gusi yang bengkak menjadi tanda dari adanya infeksi atau peradangan. Mengalami gusi bengkak sangatlah mengganggu terutama saat mengunyah makanan. Gusi menjadi bagian yang cukup penting dalam menunjang masalah kesehatan dalam mulut. Gusi memiliki jaringan yang tebal, memiliki pembuluh darah dan berserat. Gusi bengkak ditandai dengan adanya bagian atau jaringan yang terluhat menonjol bahkan bisa membuat gigi tertutupi oleh gusi yang bengkak. Gusi bengkak biasanya juga terlihat merah karena adanya peradangan. Gusi yang bengkak bisa juga mengeluarkan darah terutama saat anda sedang menggosok gigi.

Gusi bengkak kenapa?

Gusi bengkak kenapa? Simak berbagai penjelasan di bawah ini:

  • Gingivitis atau radang pada gusi

Radang pada gusi seseorang umumnya disebakan oleh gusi yang mengalami peradangan dan juga pembengkakan. Ketika gusi bengkak sebaiknya segera diatasi baik menggunakan bahan alami atau dengan obat. Sebab, gusi bengkak yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan penyakit periodontal yang lebih parah. Gusi yang bengkak dapat ditandai dengan rasa kurang nyaman saat mengunyah makanan, selain itu gusi yang bengkak bisa menimbulkan bau mulut yang tidak sedap jika tidak segera diatasi. gusi yang bengkak jika dibiarkan dalam jangka waktu lama bahkan bisa membuat gigi anda mudah copot. Jangan sampai menunggu hingga gusi berdarah dan merasakan nyeri yang luar biasa untuk mengobatinya. Anda bisa mencoba berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam untuk mengatasi permasalahan gusi bengkak ini.

  • Sariawan

Gusi bengkak bisa juga diakibatkan karena adanya sariawan. Sariawan menjadi salah satu permasalahan yang dialami banyak orang, tak terkecuali sariawan pada gusi seseorang. Luka dengan diiringi rasa nyeri bisa terjadi pada gusi, sariawan pada gusi umumnya mempunyai bagian di tengah yang memiliki warna putih dan area sekitar yang nampak merah layaknya jerawat pada kulit wajah. Sariawan yang timbul bahkan lebih dari satu membuat gusi anda menjadi bengkak dan teramat sakit. Anda sebaiknya rajin mengonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi untuk mencegah sariawan pada gusi yang menimbulkan rasa nyeri yang sangat menyiksa ini. Selain itu rajinlah menggosok gigi untuk menghindari kuman atau bakteri tumbuh di sekitar area gusi anda.

  • Sedang dalam masa kehamilan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang sedang hamil rentan menderita masalah gusi bengkak dan merah. Sebenarnya masalah gusi bengkak ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi agar terhindar dari menumpuknya plak di area mulut tak terkecuali gigi dan gusi. Saat masa hamil seseorang mengalami perubahan hormon yang cukup drastis. Hal tersebut yang menjadikan perempuan yang sedang hamil lebih mudah mengalami gusi bengkak dan berdarah. Namun, anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat terutama obat nyeri saat tengah mengalami kehamilan. Anda lebih baik mengonsultasikannya dengan dokter untuk obat apa saja yang aman dikonsumsi saat hamil.

  • Hindari kebiasaan merokok

Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok yang cukup sering sebaiknya menghentikan kebiasaan ini. Sebab merokok memiliki kandungan tembakau yang bisa menjadi penyebab sakit atau kerusakan pada gusi dan juga gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok dianggap lebih rentan mengalami radang gusi atau gusi bengkakn. Merokok bisa membuat penyakit pada gusi memberikan pengaruh yakni perlekatan tulang serta jaringan lunak ke area gigi. Rokok bahkan dinilai bisa menjadi pengganggu kinerja sel jaringan yang ada pada gusi anda. Sehingga anda akan merasakan bahwa gusi lebih sensitif, mudah berdarah dan gusi sering bengkak.

  • Infeksi karena jamur

Gusi yang bengkak bisa juga disebabkan karena adanya jamur pada area mulut anda. Kondisi ini disebut juga dengan infeksi karena herpes. Infeksi dari herpes tersebut bisa membuat komplikasi pada gusi yang membuat gusi anda menjadi mudah bengkak. Gusi yang bengkak karena diakibatkan oleh jamur ini juga bisa membuat abses dan bengkak pada area gusi.

  • Kekurangan nutrisi

Bagi anda yang mengalami gusi bengkak bisa saja diakibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi atau gizi buruk pada tubuh anda. Orang yang memiliki kekurangan nutrisi seperti kekurangan mineral, vitamin atau zat lainnya bisa membuat kinerja organ atau sel pada tubuh menjadi terganggu. Bagi anda yang memiliki kekurangan gizi biasanya merasa malas atau kurang nafsu makan, merasa mudah emosi dan merasa mudah lelah, sulit berkonsentrasi, merasa depresi dan mengalami penyembuhan luka yang cukup lama dari biasanya.

Gusi bengkak karena sakit gigi

Penyebab sakit gusi bengkak banyak faktornya, salah satunya Gusi bengkak karena sakit gigi. Untuk lebih jelasnya simak pemaparan di bawah ini:

  • Menumpuknya plak pada gigi

Gusi bengkak bisa disebabkan karena menumpuknya plak pada gigi anda. Plak ini biasanya menumpuk di area seperti perbatasan gigi dan gusi. Plak berbentuk lapisan yang lengket serta berwarna putih. Plak tersebut terbentuk dari kotoran sisa makanan dan juga bakteri yang tidak ikut hilang saat menggosok gigi. Banyak orang yang kurang mempehartikan kesehatan gigi dan gusi. Plak yang tidak segera diatasi bisa mengeras dan merubahnya menjadi karang pada gigi. Jika karang pada gigi sudah muncul, maka anda tidak bisa menghilangkannya dengan hanya menggosok gigi, namun anda harus meminta bantuan dokter atau ahli gigi untuk menghancurkan karang gigi tersebut. Gusi yang bengkak dan tidak segera diobati bisa semakin parah dan bisa menjadikan perlekatan gusi dan membuat gigi menjadi mudah lepas. Dengan begitu, gigi mudah goyang dan lepas.

  • Kekurangan nutrisi

Bagi anda yang mengalami gusi bengkak bisa saja diakibatkan oleh kurangnya asupan nutrisi atau gizi buruk pada tubuh anda. Orang yang memiliki kekurangan nutrisi seperti kekurangan mineral, vitamin atau zat lainnya bisa membuat kinerja organ atau sel pada tubuh menjadi terganggu. Bagi anda yang memiliki kekurangan gizi biasanya merasa malas atau kurang nafsu makan, merasa mudah emosi dan merasa mudah lelah, sulit berkonsentrasi, merasa depresi dan mengalami penyembuhan luka yang cukup lama dari biasanya.

 

Bahaya gusi bengkak bernanah

Bahaya gusi bengkak bernanah dapat diatasi atau dicegah dengan rajin menggosok gigi dan melakukan perawatan gigi setidaknya minimal 6 bulan sekali. Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut yang juga dipantau oleh dokter gigi bisa membuat gigi terjaga kesehatannya. Gusi yang bengkak dan bernanah disebabkan karena infeksi, sebaiknya anda segera mengonsultasikannya dengan dokter. Dengan begitu dokter bisa mendiagnosa dan memberikan obat dan perawatan yang tepat. Dokter dapat membantu anda untuk mengeringkan nanah dan mengobati infeksi sehingga bisa mencegah komplikasi.

Cara mengatasi bengkak pada gusi

Cara mengatasi bengkak pada gusi adalah dengan membersihkan karang pada gigi anda. Karang gigi bisa menjadi penyebab terjadinya gusi menjadi bengkak. Anda bisa juga menghancurkan karang gigi dengan melakukan scaling. Selain itu, anda bisa juga berkumur-kumur dengan air garam dan dikombinasikan dengan air hangat untuk mengatasi gusi bengkak.

Penyebab sakit gusi bengkak seperti pemaparan-pemaparan di atas dapat anda pahami, dengan begitu anda bisa menjauhinya agar gusi bengkak tidak kembali kambuh. Orang dengan pola hidup dan pola makan yang tidak sehat bisa membuat gusi menjadi bengkak dan meradang. Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu. Orang yang mengalami sakit gusi bengkak pun cenderung lebih emosi karena menahan rasa nyeri yang berlebihan. Bahkan tak jarang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Anda bisa mengobati gusi bengkak menggunakan berbagai bahan alami yang tersedia di rumah, selain itu anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri untuk meredakan gusi bengkak. Namun, apabila gusi bengkak tidak segera reda sebaiknya anda mengonsultasikannya dengan dokter.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.